Tuesday, November 21, 2017

Posted by Admin1ka November 21, 2017 No comments
222

*APAKAH TUKANG SIHIR MAMPU MENJADIKAN ANJING MENJADI KELEDAI?*

2481
0
BERBAGI
Mufti: al-Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullah wa ghafara lahu.
Penanya:”Pertanyaan yang lain terkait juga dengan sihir.”
Asy-Syaikh:”Silahkan.”
Penanya:”Apakah batas kekuatan tukang sihir? Yakni apakah dia mampu merubah sesuatu, misal seekor hewan dirubahnya menjadi kucing, menjadi anjing, menjadi ini itu?
Syaikh:”Dia mampu, tetapi dengan ilusi. Adapun merubahnya secara hakiki, tidak bisa. Sebagaimana telah datang pada kisah Dajjal di akhir zaman bahwasanya dia memotong seseorang menjadi dua. Manusia melihat perbuatannya memotong (orang tersebut) menjadi dua, lalu mengembalikannya(seperti semula). Setelah mengembalikannya, Dajjal bertanya:”Apakah engkau beriman kepadaku?”
Orang itu menjawab:”Tidaklah bertambah di dalam diriku kecuali semakin bertambah imanku bahwasanya engkau adalah Dajjal al-akbar yang Rasulullah telah mengabarkan(tentangmu) pada kami.”
Maka sihir itu mayoritasnya adalah khayalan. Akan tetapi dia mempunyai pengaruh. Dan pengaruh sihir ini tidak diingkari terjadinya. Diantara (pengaruh sihir) adalah kisah seorang Yahudi Labid al-A’sham, ketika menyihir Rasulullah . Jadilah Rasulullah terpengaruh dengan sihirnya berupa kelemahan pada tubuh beliau sekitar 6 bulan. Pengaruh seperti ini mungkin(terjadi).
Adapun merubah yang nyata (menjadi yang lain), maka ini (terjadi) berupa ilusi dan khayalan. Jenis ini yang melakukannya sebagian besar dari mereka yang dinamakan dengan “al-Huwwat” yakni para tukang sulap. Terkhusus di Mesir, didapati mayoritas jenis semacam ini. Dahulu, sebagian manusia mendatangi mereka di Damaskus dan kami melihat dari mereka perkara yang ajaib! Dia mengambil uang kertas 100 lira, lalu dia menyulutnya(dengan api) di depan manusia, lalu dia mengembalikannya seperti semula. Dia menarik cincin dari tanganmu dan kamu melihatnya di tangan (orang) selainmu.
Demikianlah, maka tukang sihir itu memiliki pengaruh. Akan tetapi tidak sampai pada perkara merubah bentuk asli hewan yang Allah Azza wa Jalla ciptakan dia dengannya(bentuk tersebut).
Thuwailibul ‘Ilmisy Syar’i (TwIS)
? Muraja’ah: al-Ustadz Abu ‘Utsman Kharisman hafizhahullah
Arabic
? قناة السنه السلفية ?:
❗هل الساحر يستطيع أن يجعل الكلب حماراً ❓
?الفتوى ـ للإمام محمد ناصر الدين الألباني رحمه الله وغفر له
ــــــــــــــــــــــــــــ
?السائل: سؤال آخر يتعلق -أيضاً- بالسحر.
▫الشيخ: تفضل.
? السائل : ما حد قدرة الساحر؟ أي: هل يستطيع قلب الأشياء، مثلا حيوان يقلبه إلى قط إلى كلب إلى كذا
▫الشيخ : يستطيع بالتوهيم أما في الحقيقة لا، كما جاء في قصة الدجال في آخر الزمان أنه يقطع الشخص نصفين، ويرى الناس أنه فعلاً قطعه نصفين ثم يعيده، فبعد أن يعيده يسأله: هل آمنت بي؟ فيقول: ما ازددت إلا إيماناً بأنك الدجال الأكبر الذي أخبرنا الرسول ﷺ
فالسحر في الغالب هو تخييل، لكن له تأثير، وهذا التأثير لا يُنْكِرْ بالواقع، ومن ذلك قصة اليهودي لبيد بن الأعصم ، حيث سحر الرسول عليه السلام، وظل الرسول ﷺ متأثراً بسحره في ضعفه في بدنه نحو ستة أشهر، مثل هذا التأثير ممكن،
أما قلب الحقائق فتوهيماً وتخييلاً، وهذا النوع يستعمله الكثير من الذين يسمون بـ (الحُوّات)، وهم مشعوذون، خاصة في مصر يوجد من هذا النوع الكثير، وكان بعض الناس يأتون منهم إلى دمشق ورأينا منهم العجب! يأخذ المائة ليرة ورقة ويشعلها أمام الناس ثم يعيدها كما كانت، والخاتم يسحبه من يدك وتراه في كف غيرك، وهكذا فإذاً: للسحر تأثيرٌ لكن لا يبلغ الأمر إلى قلب حقائق الحيوانات التي خلقها الله عز وجل.
ــــــــــــــــــــــــــــ
?سلسلة الهدى والنور
?الرابط الصوتية للاستماع
Pemutar Audio
00:00
00:00

0 comments:

Post a Comment