Monday, February 26, 2018

Posted by Admin1ka in | February 26, 2018 No comments
222

MENGENAL MASYAIKH YANG AKAN HADIR DALAM DAURAH ILMIAH “asy-Syari’ah” KE-11

 

MENGENAL MASYAIKH YANG AKAN HADIR DALAM

DAURAH ILMIAH “asy-Syari’ah” KE-11– 1 –


Biografi Singkat asy-Syaikh Badr bin Muhammad al-Badr al-‘Anazi hafizhahullah
Beliau adalah Badr bin Muhammad alu al-Badr al-‘Anazi hafizhahullah.
Beliau menghafalkan al-Qur`an kepada gurunya, asy-Syaikh Shobri ‘Allam al-Mishri dan mendapatkan ijazah (izin meriwayatkan) bacaan dengan riwayat Hafsh dari ‘Ashim. Dari gurunya ini beliau juga mempelajari ilmu tajwid dan mendapatkan ijazah menyampaikan ilmu tajwid dari kitab Jazariyah dan Tuhfatul Athfaal.
Beliau mempelajari ilmu Mushthalah Hadits dari beberapa ‘ulama terkenal, di antaranya asy-Syaikh Tsana`ullah bin ‘Isa Khan al-Madani, yang ketika itu sebagai mufti Lahor Pakistan. Dari asy-Syaikh Tsana`ullah ini beliau mendapat ijazah meriwayat dan mengajarkan beberapa kitab induk hadits yang cukup banyak.
Beliau juga banyak belajar kepada asy-Syaikh Shalih al-Luhaidan, asy-Syaikh Shalih al-Fauzan, dan asy-Syaikh Shalih bin Sa’d as-Suhaimi yang padanya beliau mempelajari kitab-kitab karya Syaikhul Islam Muhammad bin ‘Abdil Wahhab.
Sekarang asy-Syaikh Badr al-Badr menjabat sebagai Kepala Bidang Dakwah dan Irsyad di kota al-Khofc (perbatasan Saudi Arabia dengan Kuwait). Juga sebagai anggota di Lajnah Muraqabatul Qurra’ (Badan Pengawas Para Qori’), pernah sebagai pengajar di Yayasan al-Ishlahiyyah Kuwait, yang berada di bawah pengawasan Kementrian Dalam Negeri dan Wakaf negeri Kuwait.
Tazkiyah asy-Syaikh Muhammad bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah
“Asy-Syaikh Badr al-Badr di antara ikhwah dan masyaikh terbaik yang kita kenal di Kuwait. Beliau termasuk di antara masyaikh senior yang memiliki perhatian besar terhadap tahqiq dan takhrij. Beliau adalah di antara ikhwah terbaik yang kita kenal. Semoga Allah memberikan kepada kita dan kepadanya taufiq.” [1]

MENGENAL MASYAIKH YANG AKAN HADIR DALAM

DAURAH ILMIAH “asy-Syari’ah” KE-11– 2 –

Biografi Singkat Asy-Syaikh Khalid bin Dhahwi azh-Zhafiri hafizhahullah
Nama beliau tidak asing lagi bagi para pemerhati Daurah Nasional Masyaikh yang berlangsung di Masjid Manunggal Bantul Yogjakarta setiap tahunnya ini. Terlebih lagi, bagi kalangan Salafiyyin di Nusantara ini, beliau benar-benar akrab bagi mereka. Karena memang beliau senantiasa aktif dan rutin datang ke Indonesia dalam momen Daurah Nasional yang merupakan daurah Ahlus Sunnah terbesar di Indonesia, yang kini diberi nama Daurah “asy-Syari’ah”, dan telah memasuki tahun ke-11. Sejak tahun 2006 M, asy-Syaikh Khalid azh-Zhafiri hampir tidak pernah ‘absen’.
Beliau adalah salah satu “orang penting” di situs http://sahab.net , salah satu situs salafiyyin paling bergengsi di dunia. Yang senantiasa menegakkan dan membela manhaj salafy di muka bumi dalam tataran international. Menjawab dan meruntuhkan berbagai syubhat para pengusung kebatilan dan hizbiyyah pada masa ini.
Asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah mengatakan, bahwa beliau (asy-Syaikh Khalid) termasuk duat ke jalan Allah, dan termasuk orang paling kuat dalam Salafiyyah. Beliau memiliki semangat yang besar dalam memberikan dorongan terhadap Salafiyyin, baik di negeri arab maupun luar arab.
Asy-Syaikh Rabi’ juga menghimbau Salafiyyin untuk mengambil ilmu dari beliau. Sebaliknya barangsiapa yang selama ini mencela beliau, asy-Syaikh Rabi’ menasehatkan untuk menahan lisannya. Karena itu termasuk tindakan menghalangi dari jalan Allah.
Salah satu karya tulis beliau yang terkenal adalah, “Ijma’ al-‘Ulama ‘ala al-Hajr wa at-Tahdzir min Ahlil Ahwa’” yang dipuji oleh asy-Syaikh Rabi’ al-Madkhali hafizhahullah, asy-Syaikh Zaid al-Madkhali rahimahullah , dan asy-Syaikh ‘Ubaid al-Jabiri hafizhahullah.
Beliau juga penulis kitab “Ats-Tsana’ al-Badi’ min al-‘Ulama ‘ala asy-Syaikh Rabi’” yang sangat terkenal itu. dan masih ada lagi karya-karya beliau lainnya.

MENGENAL MASYAIKH YANG AKAN HADIR DALAM

DAURAH ILMIAH “asy-Syari’ah” KE-11– 3 –

Biografi Singkat Asy-Syaikh Usamah bin Sa’ud al-‘Amri hafizhahullah
Beliau adalah Ketua Bagian at-Taujih wa al-Irsyad Hai’ah Amar Ma’ruf Nahi Munkar Cabang Jeddah. Alumnus Fakultas Syari’ah Universitas Madinah Saudi ‘Arabia.
Belajar dan Berguru kepada :
Asy-Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz
Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin
Asy-Syaikh Muhammad Aman al-Jami
Asy-Syaikh ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad
Asy-Syaikh ‘Ubaid al-Jabiri
Dan para ‘ulama mulia dan utama lainnya.
Beliau aktif sebagai pemateri di daurah-daurah Salafiyyah. Seperti Daurah “Amirul Mukminin Mu’awiyah bin Abi Sufyan” ke-14 di Hafrul Bathin Sya’ban 1435 H, dan Daurah Raihaniyyah di Turki ke-2 Sya’ban 1435.
Beliau juga sebagai musyrif (admin) situs besar “al-Waraqat as-Salafiyyah” (http://alwaraqat.net). Situs ini juga memiliki andil besar dalam menegakkan bendera Salafiyyah di tataran Internasional, di samping juga turut andil meruntuhkan syubhat-syubhat ahlul bid’ah.
Asy-Syaikh ‘Ubaid al-Jabiri hafizhahullah mengatakan, bahwa asy-Syaikh Usamah al-‘Amri termasuk di antara para murid beliau yang bersemangat dalam ilmu dan menyebarkan Sunnah, serta membela Sunnah tersebut dan para pengusungnya.
Di antara durus beliau yang sangat bagus adalah Syarh terhadap kitab yang sangat bagus “Marhaban Ya Thalibal Ilmi”, karya al-‘Allamah Rabi al-Madkhali hafizhahullah.

MENGENAL MASYAIKH YANG AKAN HADIR DALAM

DAURAH ILMIAH “asy-Syari’ah” KE-11– 4 –

Biografi Singkat Asy-Syaikh Fu’ad bin Sa’ud al-‘Amri hafizhahullah
anggota Hai’ah (Lembaga) Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Beliau adalah lulusan Jami’ah Islamiyyah Madinah, fakultas hadits. Pada Jumadal Ula 1436 H kemarin beliau meraih gelar MA dari Universitas Ummul Qura.
Di antara para masyaikh (guru-guru) beliau adalah
> asy-Syaikh ‘Abdul ‘aziz bin Baz
> Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin
> Asy-Syaikh Muhammad Aman al-Jami
> Asy-Syaikh ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad
> Asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali
> Asy-Syaikh ‘Ubaid al-Jabiri
dan yang lainnya
Beliau ada seorang yang bersemangat dalam ilmu, menyebarkan Sunnah, dan membela Sunnah serta Ahlus Sunnah; sebagaimana ditegaskan oleh asy-Syaikh ‘Ubaid al-Jabiri hafizhahullah dalam tazkiyahnya terhadap asy-Syaikh Fu’ad al-‘Amri.
Simak pada link berikut :
MP4 : https://goo.gl/qujmiD
2.90 MB
Ingin kenal beliau lebih jauh lagi? Dapatkan durus beliau pada ruang berikut :
http://ar.miraath.net/book/6095
Majmu’ah Manhajul Anbiya
*sumber: Manhajul Anbiya

0 comments:

Post a Comment