Kitab Hisnul Muslim – Kumpulan Doa dari Al Quran dan Hadits (II)

609
0
BERBAGI
20- DOA DUDUK ANTARA
DUA SUJUD
48- ÑóÈøö ÇÛúÝöÑú áöíú ÑóÈøö ÇÛúÝöÑú áöíú.
48. “Wahai Tuhanku, ampunilah dosa-ku, wahai Tuhanku, ampunilah dosa-ku.”
49- Çóááøóåõãøó ÇÛúÝöÑú áöíú æóÇÑúÍóãúäöíú æóÇåúÏöäöíú æóÇÌúÈõÑúäöíú æóÚóÇÝöäöíú æóÇÑúÒõÞúäöíú æóÇÑúÝóÚúäöí.
49. “Ya Allah, ampunilah dosaku, beri-lah rahmat kepadaku, tunjukkanlah aku (ke jalan yang benar), cukupkanlah aku, selamatkan aku (tubuh sehat dan kelu-arga terhindar dari musibah), berilah aku rezeki (yang halal) dan angkatlah derajatku.”
21- DOA SUJUD TILAWAH
50- ÓóÌóÏó æóÌúåöíó áöáøóÐöíú ÎóáóÞóåõ æóÕóæøóÑóåõ æóÔóÞøó ÓóãúÚóåõ æóÈóÕóÑóåõ¡ ÝóÊóÈóÇÑóßó Çááåõ ÃóÍúÓóäõ ÇáúÎóÇáöÞöíúäó.
50. Bersujud wajahku kepada Tuhan yang menciptakannya, yang membelah pendengaran dan penglihatannya dengan Daya dan KekuatanNya, Maha Suci Allah sebaik-baik Pencipta.
51- Çóááøóåõãøó ÇßúÊõÈú áöíú ÈöåóÇ ÚöäúÏóßó ÃóÌúÑðÇ¡ æóÖóÚú Úóäøöíú ÈöåóÇ æöÒúÑðÇ¡ æóÇÌúÚóáúåóÇ áöíú ÚöäúÏóßó ÐõÎúÑðÇ¡ æóÊóÞóÈøóáúåóÇ ãöäøöíú ßóãóÇ ÊóÞóÈøóáúÊóåóÇ ãöäú ÚóÈúÏößó ÏóÇæõÏó.
51. Ya Allah, tulislah untukku dengan sujudku pahala di sisiMu dan ampunilah dengannya akan dosaku, serta jadikan-lah simpanan untukku di sisiMu dan terimalah sujudku sebagaimana Engkau telah menerimanya dari hambaMu Da-wud.
22- TASYAHUD
52- ÇáÊøóÍöíøóÇÊõ áöáøóåö¡ æóÇáÕøóáóæóÇÊõ æóÇáØøóíøöÈóÇÊõ¡ ÇáÓøóáÇóãõ Úóáóíúßó ÃóíøõåóÇ ÇáäøóÈöíøõ æóÑóÍúãóÉõ Çááåö æóÈóÑóßóÇÊõåõ¡ ÇáÓøóáÇóãõ ÚóáóíúäóÇ æóÚóáóì ÚöÈóÇÏö Çááåö ÇáÕøóÇáöÍöíúäó. ÃóÔúåóÏõ Ãóäú áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó Çááåõ æóÃóÔúåóÏõ Ãóäøó ãõÍóãøóÏðÇ ÚóÈúÏõåõ æóÑóÓõæúáõåõ.
52. “Segala penghormatan hanya milik Allah, juga segala pengagungan dan kebaikan. Semoga kesejahteraan terlim-pahkan kepadamu, wahai Nabi, begitu juga rahmat dan berkahNya. Kesejah-teraan semoga terlimpahkan kepada kita dan hamba-hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang hak disembah selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.”
23- MEMBACA SALAWAT Nabi Muhammad (Shallahu ‘alaihi Wasallam) SETELAH TASYAHUD
53- Çóááøóåõãøó Õóáøö Úóáóì ãõÍóãøóÏò æóÚóáóì Âáö ãõÍóãøóÏò ßóãóÇ ÕóáøóíúÊó Úóáóì ÅöÈúÑóÇåöíúãó æóÚóáóì Âáö ÅöÈúÑóÇåöíúãó Åöäøóßó ÍóãöíúÏõ ãóÌöíúÏñ¡ Çóááøóåõãøó ÈóÇÑößú Úóáóì ãõÍóãøóÏò æóÚóáóì Âáö ãõÍóãøóÏò ßóãóÇ ÈóÇÑóßúÊó Úóáóì ÅöÈúÑóÇåöíúãó æóÚóáóì Âáö ÅöÈúÑóÇåöíúãó Åöäøóßó ÍóãöíúÏõ ãóÌöíúÏñ.
53. “Ya Allah, berilah rahmat kepada Muhammad dan keluarganya, sebagai-mana Engkau telah memberikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya. Se-sungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung. Berilah berkah kepada Muhammad dan keluarganya (termasuk anak dan istri atau umatnya), sebagai-mana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Se-sungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”
54- Çóááøóåõãøó Õóáøö Úóáóì ãõÍóãøóÏò æóÚóáóì ÃóÒúæóÇÌöåö æóÐõÑøöíøóÊöåö¡ ßóãóÇ ÕóáøóíúÊó Úóáóì Âáö ÅöÈúÑóÇåöíúãó. æóÈóÇÑößú Úóáóì ãõÍóãøóÏò æóÚóáóì ÃóÒúæóÇÌöåö æóÐõÑøöíøóÊöåö¡ ßóãóÇ ÈóÇÑóßúÊó Úóáóì Âáö ÅöÈúÑóÇåöíúãó Åöäøóßó ÍóãöíúÏñ ãóÌöíúÏñ.
54. “Ya Allah, berilah rahmat kepada Muhammad, istri-istri dan keturunannya, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada keluarga Ibrahim. Beri-lah berkah kepada Muhammad, istri-istri dan keturunannya, sebagaimana Eng-kau telah memberkahi kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”
24- DOA SETELAH TASYAHUD AKHIR SEBELUM SALAM
55- Çóááøóåõãøó Åöäøöíú ÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäú ÚóÐóÇÈö ÇáúÞóÈúÑö¡ æóãöäú ÚóÐóÇÈö Ìóåóäøóãó¡ æóãöäú ÝöÊúäóÉö ÇáúãóÍúíóÇ æóÇáúãóãóÇÊö¡ æóãöäú ÔóÑøö ÝöÊúäóÉö ÇáúãóÓöíúÍö ÇáÏøóÌøóÇáö.
55. “Ya Allah, Sesungguhnya aku ber-lindung kepadaMu dari siksaan kubur, siksa neraka Jahanam, fitnah kehidupan dan setelah mati, serta dari kejahatan fitnah Almasih Dajjal.”
56- Çóááøóåõãøó Åöäøöíú ÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäú ÚóÐóÇÈö ÇáúÞóÈúÑö¡ æóÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäú ÝöÊúäóÉö ÇáúãóÓöíúÍö ÇáÏøóÌøóÇáö¡ æóÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäú ÝöÊúäóÉö ÇáúãóÍúíóÇ æóÇáúãóãóÇÊö. Çóááøóåõãøó Åöäøöíú ÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäú ÇáúãóÃúËóãö æóÇáúãóÛúÑóãö.
56. “Ya Allah! Sesungguhnya aku ber-lindung kepadaMu dari siksa kubur. Aku berlindung kepadaMu dari fitnah Alma-sih Dajjal. Aku berlindung kepadaMu dari fitnah kehidupan dan sesudah mati. Ya Allah, Sesungguhnya aku berlin-dung kepadaMu dari perbuatan dosa dan kerugian.”
57- Çóááøóåõãøó Åöäøöíú ÙóáóãúÊõ äóÝúÓöíú ÙõáúãðÇ ßóËöíúÑðÇ¡ æóáÇó íóÛúÝöÑõ ÇáÐøõäõæúÈó ÅöáÇøó ÃóäúÊó¡ ÝóÇÛúÝöÑú áöíú ãóÛúÝöÑóÉð ãöäú ÚöäúÏößó æóÇÑúÍóãúäöíú Åöäøóßó ÃóäúÊó ÇáúÛóÝõæúÑõ ÇáÑøóÍöíúãõ.
57. “Ya Allah! Sesungguhnya aku ba-nyak menganiaya diriku, dan tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Oleh karena itu, ampunilah dosa-dosaku dan berilah rahmat kepa-daku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan Maha Penyayang.”
58- Çóááøóåõãøó ÇÛúÝöÑú áöíú ãóÇ ÞóÏøóãúÊõ æóãóÇ ÃóÎøóÑúÊõ¡ æóãóÇ ÃóÓúÑóÑúÊõ æóãóÇ ÃóÚúáóäúÊõ¡ æóãóÇ ÃóÓúÑóÝúÊõ æóãóÇ ÃóäúÊó ÃóÚúáóãõ Èöåö ãöäøöíú. ÃóäúÊó ÇáúãõÞóÏøöãõ æóÃóäúÊó ÇáúãõÄóÎøöÑõ áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó ÃóäúÊó.
58. Ya Allah! Ampunilah aku akan (dosaku) yang aku lewatkan dan yang aku akhirkan, apa yang aku rahasiakan dan yang kutampakkan, yang aku lakukan secara berlebihan, serta apa yang Engkau lebih mengetahui dari pada aku, Engkau yang mendahulukan dan mengakhirkan, tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Engkau.
59- Çóááøóåõãøó ÃóÚöäøöíú Úóáóì ÐößúÑößó¡ æóÔõßúÑößó¡ æóÍõÓúäö ÚöÈóÇÏóÊößó.
59. “Ya Allah! Berilah pertolongan kepadaku untuk menyebut namaMu, syukur kepadaMu dan ibadah yang baik untukMu.”
60- Çóááøóåõãøó Åöäøöíú ÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäó ÇáúÈõÎúáö¡ æóÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäó ÇáúÌõÈúäö¡ æóÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäó Ãóäú ÃõÑóÏøó Åöáóì ÃóÑúÐóáö ÇáúÚõãúÑö¡ æóÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäó ÝöÊúäóÉö ÇáÏøõäúíóÇ æóÚóÐóÇÈö ÇáúÞóÈúÑö.
60. “Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari bakhil, aku berlindung kepadaMu dari penakut, aku berlindung kepadaMu dari dikembalikan ke usia yang terhina, dan aku berlin-dung kepadaMu dari fitnah dunia dan siksa kubur.”
61- Çóááøóåõãøó Åöäøöíú ÃóÓúÃóáõßó ÇáúÌóäøóÉó æóÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäó ÇáäøóÇÑö.
61. “Ya Allah! Sesungguhnya aku mo-hon kepadaMu, agar dimasukkan ke Surga dan aku berlindung kepadaMu dari Neraka.”
62- Çóááøóåõãøó ÈöÚöáúãößó ÇáúÛóíúÈó æóÞõÏúÑóÊößó Úóáóì ÇáúÎóáúÞö ÃóÍúíöäöíú ãóÇ ÚóáöãúÊó ÇáúÍóíóÇÉó ÎóíúÑðÇ áöíú¡ æóÊóæóÝøóäöíú ÅöÐóÇ ÚóáöãúÊó ÇáúæóÝóÇÉó ÎóíúÑðÇ áöíú¡ Çóááøóåõãøó Åöäøöíú ÃóÓúÃóáõßó ÎóÔúíóÊóßó Ýöí ÇáúÛóíúÈö æóÇáÔøóåóÇÏóÉö¡ æóÃóÓúÃóáõßó ßóáöãóÉó ÇáúÍóÞøö Ýöí ÇáÑøöÖóÇ æóÇáúÛóÖóÈö¡ æóÃóÓúÃóáõßó ÇáúÞóÕúÏó Ýöí ÇáúÛöäóì æóÇáúÝóÞúÑö¡ æóÃóÓúÃóáõßó äóÚöíúãðÇ áÇó íóäúÝóÏõ¡ æóÃóÓúÃóáõßó ÞõÑøóÉó Úóíúäò áÇó íóäúÞóØöÚõ¡ æóÃóÓúÃóáõßó ÇáÑøöÖóÇ ÈóÚúÏó ÇáúÞóÖóÇÁö¡ æóÃóÓúÃóáõßó ÈóÑúÏó ÇáúÚóíúÔö ÈóÚúÏó ÇáúãóæúÊö¡ æóÃóÓúÃóáõßó áóÐøóÉó ÇáäøóÙóÑö Åöáóì æóÌúåößó æóÇáÔøóæúÞó Åöáóì áöÞóÇÆößó Ýöíú ÛóíúÑö ÖóÑøóÇÁó ãõÖöÑøóÉò æóáÇó ÝöÊúäóÉò ãõÖöáøóÉò¡ Çóááøóåõãøó ÒóíøöäøóÇ ÈöÒöíúäóÉö ÇúáÅöíúãóÇäö æóÇÌúÚóáúäóÇ åõÏóÇÉð ãõåúÊóÏöíúäó.
62. “Ya Allah, dengan ilmuMu atas yang gaib dan dengan kemahakuasa-anMu atas seluruh makhluk, perpan-janglah hidupku, bila Engkau mengeta-hui bahwa kehidupan selanjutnya lebih baik bagiku. Dan matikan aku dengan segera, bila Engkau mengetahui bahwa kematian lebih baik bagiku. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepadaMu agar aku takut kepadaMu dalam keada-an sembunyi (sepi) atau ramai. Aku mohon kepadaMu, agar dapat berpe-gang dengan kalimat hak di waktu rela atau marah. Aku minta kepadaMu, agar aku bisa melaksanakan kesederhanaan dalam keadaan kaya atau fakir, aku mohon kepadaMu agar diberi nikmat yang tidak habis dan aku minta kepadaMu, agar diberi penyejuk mata yang tak putus. Aku mohon kepadaMu agar aku dapat rela setelah qadhaMu (turun pada kehidupanku). Aku mohon kepadaMu kehidupan yang menyenang-kan setelah aku meninggal dunia. Aku mohon kepadaMu kenikmatan meman-dang wajahMu (di Surga), rindu bertemu denganMu tanpa penderitaan yang mem-bahayakan dan fitnah yang menye-satkan. Ya Allah, hiasilah kami dengan keimanan dan jadikanlah kami sebagai penunjuk jalan (lurus) yang memperoleh bimbingan dariMu.”
63- Çóááøóåõãøó Åöäøöíú ÃóÓúÃóáõßó íóÇ Çóááåõ ÈöÃóäøóßó ÇáúæóÇÍöÏõ ÇúáÃóÍóÏõ ÇáÕøóãóÏõ ÇáøóÐöíú áóãú íóáöÏú æóáóãú íõæúáóÏú æóáóãú íóßõäú áóåõ ßõÝõæðÇ ÃóÍóÏñ¡ Ãóäú ÊóÛúÝöÑó áöíú ÐõäõæúÈöíú Åöäøóßó ÃóäúÊó ÇáúÛóÝõæúÑõ ÇáÑøóÍöíúãõ.
63. “Ya Allah! Sesungguhnya aku mohon kepadaMu, ya Allah! Dengan bersaksi bahwa Engkau adalah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Tunggal tidak membutuhkan sesuatu, tapi segala sesuatu butuh kepadaMu, tidak beranak dan tidak diperanakkan (tidak punya ibu dan bapak), tidak ada seorang pun yang menyamaiMu, aku mohon kepadaMu agar mengampuni dosa-dosaku. Se-sungguhnya Engkau Maha Pengampun dan Maha Penyayang.”
64- Çóááøóåõãøó Åöäøöíú ÃóÓúÃóáõßó ÈöÃóäøó áóßó ÇáúÍóãúÏó áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó ÃóäúÊó æóÍúÏóßó áÇó ÔóÑöíúßó áóßó¡ ÇáúãóäøóÇäõ¡ íóÇ ÈóÏöíúÚó ÇáÓøóãóÇæóÇÊö æóÇúáÃóÑúÖö íóÇ ÐóÇ ÇáúÌóáÇóáö æóÇúáÅößúÑóÇãö¡ íóÇ Íóíøõ íóÇ Þóíøõæúãõ Åöäøöíú ÃóÓúÃóáõßó ÇáúÌóäøóÉó æóÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäó ÇáäøóÇÑö.
64. “Ya Allah! Aku mohon kepadaMu. Sesungguhnya bagiMu segala pujian, tiada Tuhan (yang hak disembah) kecuali Engkau Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiMu, Maha Pemberi nikmat, Pencip-ta langit dan bumi tanpa contoh sebe-lumnya. Wahai Tuhan Yang Maha Agung dan Maha Pemurah, wahai Tuhan Yang Hidup, wahai Tuhan yang mengurusi segala sesuatu, sesungguhnya aku mohon kepadaMu agar dimasukkan ke Surga dan aku berlindung kepadaMu dari siksa Neraka.”
65- Çóááøóåõãøó Åöäøöíú ÃóÓúÃóáõßó ÈöÃóäøöíú ÃóÔúåóÏõ Ãóäøóßó ÃóäúÊó áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó ÃóäúÊó ÇúáÃóÍóÏõ ÇáÕøóãóÏõ ÇáøóÐöíú áóãú íóáöÏú æóáóãú íõæúáóÏú æóáóãú íóßõäú áóåõ ßõÝõæðÇ ÃóÍóÏñ.
65. “Ya Allah, aku mohon kepadaMu dengan bersaksi, bahwa Engkau adalah Allah, tiada Tuhan (yang berhak disem-bah) kecuali Engkau, Maha Esa, tidak membutuhkan sesuatu tapi segala sesuatu butuh kepadaMu, tidak beranak dan tidak diperanakkan, tidak seorang pun yang menyamaiNya, (sesungguh-nya aku mohon kepadaMu).”
25- BACAAN SETELAH SALAM
66- ÃóÓúÊóÛúÝöÑõ Çááåó (ËáÇËÇ) Çóááøóåõãøó ÃóäúÊó ÇáÓøóáÇóãõ¡ æóãöäúßó ÇáÓøóáÇóãõ¡ ÊóÈóÇÑóßúÊó íóÇ ÐóÇ ÇáúÌóáÇóáö æóÇúáÅößúÑóÇãö.
66. “Aku minta ampun kepada Allah,” (dibaca tiga kali). Lantas membaca: “Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dariMu keselamatan, Maha Suci Engkau, wahai Tuhan Yang Pemilik Keagungan dan Kemuliaan.”
67- áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó Çááåõ æóÍúÏóåõ áÇó ÔóÑöíúßó áóåõ¡ áóåõ Çáúãõáúßõ æóáóåõ ÇáúÍóãúÏõ æóåõæó Úóáóì ßõáøö ÔóíúÁò ÞóÏöíúÑõ¡ Çóááøóåõãøó áÇó ãóÇäöÚó áöãóÇ ÃóÚúØóíúÊó¡ æóáÇó ãõÚúØöíó áöãóÇ ãóäóÚúÊó¡ æóáÇó íóäúÝóÚõ ÐóÇ ÇáúÌóÏøö ãöäúßó ÇáúÌóÏøõ.
67. “Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. BagiNya puji dan bagi-Nya kerajaan. Dia Maha Kuasa atas se-gala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang mencegah apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang memberi apa yang Eng-kau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya (selain iman dan amal shalihnya). Hanya dari-Mu kekayaan dan kemuliaan.”
68- áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó Çááåõ æóÍúÏóåõ áÇó ÔóÑöíúßó áóåõ¡ áóåõ Çáúãõáúßõ æóáóåõ ÇáúÍóãúÏõ æóåõæó Úóáóì ßõáøö ÔóíúÁò ÞóÏöíúÑõ. áÇó Íóæúáó æóáÇó ÞõæøóÉó ÅöáÇøó ÈöÇááåö¡ áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó Çááåõ¡ æóáÇó äóÚúÈõÏõ ÅöáÇøó ÅöíøóÇåõ¡ áóåõ ÇáäøöÚúãóÉõ æóáóåõ ÇáúÝóÖúáõ æóáóåõ ÇáËøóäóÇÁõ ÇáúÍóÓóäõ¡ áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó Çááåõ ãõÎúáöÕöíúäó áóåõ ÇáÏøöíúäó æóáóæú ßóÑöåó ÇáúßóÇÝöÑõæúäó.
68. “Tiada Tuhan (yang berhak disem-bah) kecuali Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan pujaan. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali (dengan pertolongan) Allah. Tia-da Tuhan (yang hak disembah) kecuali Allah. Kami tidak menyembah kecuali kepadaNya. Bagi-Nya nikmat, anugerah dan pujaan yang baik. Tiada Tuhan (yang hak disembah) kecuali Allah, dengan memurnikan ibadah kepadaNya, sekalipun orang-orang kafir sama ben-ci.”
69- ÓõÈúÍóÇäó Çááåö æóÇáúÍóãúÏõ áöáøóåö æóÇááåõ ÃóßúÈóÑõ (33 ×) áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó Çááåõ æóÍúÏóåõ áÇó ÔóÑöíúßó áóåõ¡ áóåõ Çáúãõáúßõ æóáóåõ ÇáúÍóãúÏõ æóåõæó Úóáóì ßõáøö ÔóíúÁò ÞóÏöíúÑõ.
69. “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah. Dan Allah Maha Besar. (Tiga puluh tiga kali). Tidak ada Tuhan (yang hak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan. BagiNya pujaan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.”
70. Membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas setiap selesai shalat (far-dhu).
71. Membaca ayat Kursi setiap selesai shalat (fardhu).
72- áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó Çááåõ æóÍúÏóåõ áÇó ÔóÑöíúßó áóåõ¡ áóåõ Çáúãõáúßõ æóáóåõ ÇáúÍóãúÏõ íõÍúíöíú æóíõãöíúÊõ æóåõæó Úóáóì ßõáøö ÔóíúÁò ÞóÏöíúÑõ. (10× ÈÚÏ ÕáÇÉ ÇáãÛÑÈ æÇáÕÈÍ)
72. “Tiada Tuhan (yang berhak disem-bah) kecuali Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya, bagiNya kerajaan, bagi-Nya segala puja. Dia-lah yang menghi-dupkan (orang yang sudah mati atau memberi roh janin yang akan dilahirkan) dan yang mematikan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.” Diba-ca sepuluh kali setiap sesudah shalat Maghrib dan Subuh.
73- Çóááøóåõãøó Åöäøöíú ÃóÓúÃóáõßó ÚöáúãðÇ äóÇÝöÚðÇ¡ æóÑöÒúÞðÇ ØóíøöÈðÇ¡ æóÚóãóáÇð ãõÊóÞóÈøóáÇð.
73. “Ya Allah! Sesungguhnya aku mo-hon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal dan amal yang diteri-ma.” (Dibaca setelah salam shalat Su-buh).
26- DOA SHALAT ISTIKHARAH
74. Jabir bin AbdillahRadiyallahu ‘anhu berkata: Ada-lah Rasulullah (Shallahu ‘alaihi Wasallam) mengajari kami shalat Istikharah untuk memutuskan segala sesuatu, sebagaimana mengajari surah Al-Qur-an. Beliau bersabda: “Apabila seseorang di antara kamu mempunyai rencana untuk mengerjakan sesuatu, hendaknya melakukan shalat sunah (Istikharah) dua rakaat, kemudian baca-lah doa ini:
74- ((Çóááøóåõãøó Åöäøöíú ÃóÓúÊóÎöíúÑõßó ÈöÚöáúãößó¡ æóÃóÓúÊóÞúÏöÑõßó ÈöÞõÏúÑóÊößó¡ æóÃóÓúÃóáõßó ãöäú ÝóÖúáößó ÇáúÚóÙöíúãö¡ ÝóÅöäøóßó ÊóÞúÏöÑõ æóáÇó ÃóÞúÏöÑõ¡ æóÊóÚúáóãõ æóáÇó ÃóÚúáóãõ¡ æóÃóäúÊó ÚóáÇøóãõ ÇáúÛõíõæúÈö. Çóááøóåõãøó Åöäú ßõäúÊó ÊóÚúáóãõ Ãóäøó åóÐóÇ ÇúáÃóãúÑó -æóíõÓóãøóì ÍóÇÌóÊóåõ- ÎóíúÑñ áöíú Ýöíú Ïöíúäöíú æóãóÚóÇÔöíú æóÚóÇÞöÈóÉö ÃóãúÑöíú -Ãóæú ÞóÇáó: ÚóÇÌöáöåö æóÂÌöáöåö- ÝóÇÞúÏõÑúåõ áöíú æóíóÓøöÑúåõ áöíú Ëõãøó ÈóÇÑößú áöíú Ýöíúåö¡ æóÅöäú ßõäúÊó ÊóÚúáóãõ Ãóäøó åóÐóÇ ÇúáÃóãúÑó ÔóÑøñ áöíú Ýöíú Ïöíúäöíú æóãóÚóÇÔöíú æóÚóÇÞöÈóÉö ÃóãúÑöíú -Ãóæú ÞóÇáó: ÚóÇÌöáöåö æóÂÌöáöåö- ÝóÇÕúÑöÝúåõ Úóäøöíú æóÇÕúÑöÝúäöíú Úóäúåõ æóÇÞúÏõÑú áöíó ÇáúÎóíúÑó ÍóíúËõ ßóÇäó Ëõãøó ÃóÑúÖöäöíú Èöåö)).
“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepadaMu dengan ilmu pengetahuanMu dan aku mohon kekuasaanMu (untuk mengatasi perso-alanku) dengan kemahakuasaanMu. Aku mohon kepadaMu sesuatu dari anugerahMu Yang Maha Agung, se-sungguhnya Engkau Mahakuasa, se-dang aku tidak kuasa, Engkau mengeta-hui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (orang yang mempunyai hajat hendak-nya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terha-dap diriku atau -Nabi Muhammad (Shallahu ‘alaihi Wasallam) bersabda: …di dunia atau akhirat- sukseskanlah untuk-ku, mudahkan jalannya, kemudian beri-lah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, per-ekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untukku di mana saja keba-ikan itu berada, kemudian berilah kere-laanMu kepadaku.”
Tidak menyesal orang yang beristi-kharah kepada Al-Khaliq dan bermusya-warah dengan orang-orang mukmin dan berhati-hati dalam menangani perso-alannya. Allah Ta’ala berfirman:
“… dan bermusyawarahlah kepada mereka (para sahabat) dalam urusan itu (peperangan, perekonomian, politik dan lain-lain). Bila kamu telah membulatkan tekad, bertawakkallah kepada Allah…” (Ali Imran, 3: 159)
27- BACAAN DI WAKTU PAGI
DAN SORE
75- ÃÚæÐ ÈÇááå ãä ÇáÔíØÇä ÇáÑÌíã
75. Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk. Allah tidak ada Ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (Al-Baqarah: 255).
76. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Ilah yang bergantung kepada-Nya segala urusan. Dia tidak beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb yang menguasai Subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan-kejahatan wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb manusia. Raja manusia. Sem-bahan manusia, dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari jin dan manusia.
77- ÃóÕúÈóÍúäóÇ æóÃóÕúÈóÍó Çáúãõáúßõ áöáøóåö¡ æóÇáúÍóãúÏõ áöáøóåö¡ áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó Çááåõ æóÍúÏóåõ áÇó ÔóÑöíúßó áóåõ¡ áóåõ Çáúãõáúßõ æóáóåõ ÇáúÍóãúÏõ æóåõæó Úóáóì ßõáøö ÔóíúÁò ÞóÏöíúÑõ. ÑóÈøö ÃóÓúÃóáõßó ÎóíúÑó ãóÇ Ýöíú åóÐóÇ Çáúíóæúãö æóÎóíúÑó ãóÇ ÈóÚúÏóåõ¡ æóÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäú ÔóÑøö ãóÇ Ýöíú åóÐóÇ Çáúíóæúãö æóÔóÑøö ãóÇ ÈóÚúÏóåõ¡ ÑóÈøö ÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäó ÇáúßóÓóáö æóÓõæúÁö ÇáúßöÈóÑö¡ ÑóÈøö ÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäú ÚóÐóÇÈò Ýöí ÇáäøóÇÑö æóÚóÐóÇÈò Ýöí ÇáúÞóÈúÑö.
77. “Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. Bagi-Nya kerajaan dan bagiNya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala se-suatu. Hai Tuhan, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Tuhan, aku berlin-dung kepadaMu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Tuhan! Aku berlindung kepadaMu dari siksaan di Neraka dan kubur.”
78- Çóááøóåõãøó Èößó ÃóÕúÈóÍúäóÇ¡ æóÈößó ÃóãúÓóíúäóÇ¡ æóÈößó äóÍúíóÇ¡ æóÈößó äóãõæúÊõ æóÅöáóíúßó ÇáäøõÔõæúÑõ.
78. “Ya Allah, dengan rahmat dan pertolonganMu kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat dan perto-longanMu kami memasuki waktu sore. Dengan rahmat dan pertolonganMu kami hidup dan dengan kehendakMu kami mati. Dan kepadaMu kebangkitan (bagi semua makhluk).”
79- Çóááøóåõãøó ÃóäúÊó ÑóÈøöíú áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó ÃóäúÊó¡ ÎóáóÞúÊóäöíú æóÃóäóÇ ÚóÈúÏõßó¡ æóÃóäóÇ Úóáóì ÚóåúÏößó æóæóÚúÏößó ãóÇ ÇÓúÊóØóÚúÊõ¡ ÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäú ÔóÑøö ãóÇ ÕóäóÚúÊõ¡ ÃóÈõæúÁõ áóßó ÈöäöÚúãóÊößó Úóáóíøó¡ æóÃóÈõæúÁõ ÈöÐóäúÈöíú ÝóÇÛúÝöÑú áöíú ÝóÅöäøóåõ áÇó íóÛúÝöÑõ ÇáÐøõäõæúÈó ÅöáÇøó ÃóäúÊó.
79. “Ya Allah! Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkau-lah yang mencip-takan aku. Aku adalah hambaMu. Aku akan setia pada perjanjianku denganMu semampuku. Aku berlindung kepadaMu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmatMu kepadaku dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.”
80- Çóááøóåõãøó Åöäøöíú ÃóÕúÈóÍúÊõ ÃõÔúåöÏõ æóÃõÔúåöÏõ ÍóãóáóÉó ÚóÑúÔößó¡ æóãóáÇóÆößóÊóßó æóÌóãöíúÚó ÎóáúÞößó¡ Ãóäøóßó ÃóäúÊó Çááåõ áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó ÃóäúÊó æóÍúÏóßó áÇó ÔóÑöíúßó áóßó¡ æóÃóäøó ãõÍóãøóÏðÇ ÚóÈúÏõßó æóÑóÓõæúáõßó. (4×)
80. “Ya Allah! Sesungguhnya aku di waktu pagi ini mempersaksikan Engkau, malaikat yang memikul arasyMu, malai-kat-malaikat dan seluruh makhlukMu, bahwa sesungguhnya Engkau adalah Allah, tiada Tuhan yang berhak disem-bah kecuali Engkau Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiMu dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan-Mu.” (Dibaca empat kali waktu pagi dan sore).
81- Çóááøóåõãøó ãóÇ ÃóÕúÈóÍó Èöíú ãöäú äöÚúãóÉò Ãóæú ÈöÃóÍóÏò ãöäú ÎóáúÞößó Ýóãöäúßó æóÍúÏóßó áÇó ÔóÑöíúßó áóßó¡ Ýóáóßó ÇáúÍóãúÏõ æóáóßó ÇáÔøõßúÑõ.
81. “Ya Allah! Nikmat yang kuterima atau diterima oleh seseorang di antara makhlukMu di pagi ini adalah dariMu. Maha Esa Engkau, tiada sekutu bagi-Mu. BagiMu segala puji dan kepadaMu panjatan syukur (dari seluruh makhluk-Mu).”
82- Çóááøóåõãøó ÚóÇÝöäöíú Ýöíú ÈóÏóäöíú¡ Çóááøóåõãøó ÚóÇÝöäöíú Ýöíú ÓóãúÚöíú¡ Çóááøóåõãøó ÚóÇÝöäöíú Ýöíú ÈóÕóÑöíú¡ áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó ÃóäúÊó. Çóááøóåõãøó Åöäøöí ÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäó ÇáúßõÝúÑö æóÇáúÝóÞúÑö¡ æóÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäú ÚóÐóÇÈö ÇáúÞóÈúÑö¡ áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó ÃóäúÊó. (3×)
82. “Ya Allah! Selamatkan tubuhku (da-ri penyakit dan yang tidak aku inginkan). Ya Allah, selamatkan pendengaranku (dari penyakit dan maksiat atau sesuatu yang tidak aku inginkan). Ya Allah, selamatkan penglihatanku, tiada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Eng-kau. Ya Allah! Sesungguhnya aku berlin-dung kepadaMu dari kekufuran dan kefakiran. Aku berlindung kepadaMu dari siksa kubur, tiada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Engkau.” (Di-baca tiga kali di waktu pagi dan sore).
83- ÍóÓúÈöíó Çááåõ áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó åõæó Úóáóíúåö ÊóæóßøóáúÊõ æóåõæó ÑóÈøõ ÇáúÚóÑúÔö ÇáúÚóÙöíúãö. (7×)
83. “Allah-lah yang mencukupi (segala kebutuhanku), tiada Tuhan (yang ber-hak disembah) kecuali Dia, kepadaNya aku bertawakal. Dia-lah Tuhan yang menguasai ‘Arsy yang agung.” (Dibaca tujuh kali waktu pagi dan sore).
84- Çóááøóåõãøó Åöäøöíú ÃóÓúÃóáõßó ÇáúÚóÝúæó æóÇáúÚóÇÝöíóÉó Ýöí ÇáÏøõäúíóÇ æóÇúáÂÎöÑóÉö¡ Çóááøóåõãøó Åöäøöíú ÃóÓúÃóáõßó ÇáúÚóÝúæó æóÇáúÚóÇÝöíóÉó Ýöí Ïöíúäöíú æóÏõäúíóÇíó æóÃóåúáöíú æóãóÇáöíú. Çóááøóåõãøó ÇÍúÝóÙúäöíú ãöäú Èóíúäö íóÏóíøó¡ æóãöäú ÎóáúÝöíú¡ æóÚóäú íóãöíúäöíú æóÚóäú ÔöãóÇáöíú¡ æóãöäú ÝóæúÞöíú¡ æóÃóÚõæúÐõ ÈöÚóÙóãóÊößó Ãóäú ÃõÛúÊóÇáó ãöäú ÊóÍúÊöíú.
84. “Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesung-guhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, ke-luarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tenteramkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah! Peli-haralah aku dari muka, belakang, ka-nan, kiri dan atasku. Aku berlindung dengan kebesaranMu, agar aku tidak disambar dari bawahku (oleh ulat atau bumi pecah yang membuat aku jatuh dan lain-lain).”
85- Çóááøóåõãøó ÚóÇáöãó ÇáúÛóíúÈö æóÇáÔøóåóÇÏóÉö ÝóÇØöÑó ÇáÓøóãóÇæóÇÊö æóÇúáÃóÑúÖö¡ ÑóÈøó ßõáøö ÔóíúÁò æóãóáöíúßóåõ¡ ÃóÔúåóÏõ Ãóäú áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó ÃóäúÊó¡ ÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäú ÔóÑøö äóÝúÓöíú¡ æóãöäú ÔóÑøö ÇáÔøóíúØóÇäö æóÔöÑúßöåö¡ æóÃóäú ÃóÞúÊóÑöÝó Úóáóì äóÝúÓöíú ÓõæúÁðÇ Ãóæú ÃóÌõÑøõåõ Åöáóì ãõÓúáöãò.
85. “Ya Allah! Yang Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, wahai Tuhan pencipta langit dan bumi, Tuhan segala sesuatu dan yang merajainya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang hak kecuali Engkau. Aku berlin-dung kepadaMu dari kejahatan diriku, setan dan balatentaranya, dan aku (berlindung kepadaMu) dari berbuat ke-jelekan terhadap diriku atau menyeret-nya kepada seorang muslim.”
86- ÈöÓúãö Çááåö áÇó íóÖõÑøõ ãóÚó ÇÓúãöåö ÔóíúÁñ Ýöí ÇúáÃóÑúÖö æóáÇó Ýöí ÇáÓøóãóÇÁö æóåõæó ÇáÓøóãöíúÚõ ÇáúÚóáöíúãõ. (3×)
86. “Dengan nama Allah yang bila dise-but, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Ma-ha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Dibaca tiga kali).
87- ÑóÖöíúÊõ ÈöÇááåö ÑóÈøðÇ¡ æóÈöÇúáÅöÓúáÇóãö ÏöíúäðÇ¡ æóÈöãõÍóãøóÏò Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó äóÈöíøðÇ. (3×)
87. “Aku rela Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama dan Muhammad sebagai nabi (yang diutus oleh Allah).” (Dibaca tiga kali).
88- íóÇ Íóíøõ íóÇ Þóíøõæúãõ ÈöÑóÍúãóÊößó ÃóÓúÊóÛöíúËõ¡ ÃóÕúáöÍú áöíú ÔóÃúäöíú ßõáøóåõ æóáÇó Êóßöáúäöíú Åöáóì äóÝúÓöíú ØóÑúÝóÉó Úóíúäò.
88. “Wahai Tuhan Yang Maha Hidup, wahai Tuhan Yang Berdiri Sendiri (tidak butuh segala sesuatu), dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekalipun sekejap mata (tan-pa mendapat pertolongan dariMu).”
89- ÃóÕúÈóÍúäóÇ æóÃóÕúÈóÍó Çáúãõáúßõ áöáøóåö ÑóÈøö ÇáúÚóÇáóãöíúäó¡ Çóááøóåõãøó Åöäøöíú ÃóÓúÃóáõßó ÎóíúÑó åóÐóÇ Çáúíóæúãö: ÝóÊúÍóåõ¡ æóäóÕúÑóåõ æóäõæúÑóåõ¡ æóÈóÑóßóÊóåõ¡ æóåõÏóÇåõ¡ æóÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäú ÔóÑøö ãóÇ Ýöíúåö æóÔóÑøö ãóÇ ÈóÚúÏóåõ.
89. ”Kami masuk pagi, sedang kerajaan hanya milik Allah, Tuhan seru sekalian alam. Ya Allah, sesungguhnya aku me-mohon kepadaMu agar memperoleh ke-baikan, pembuka (rahmat), pertolongan, cahaya, berkah dan petunjuk di hari ini. Aku berlindung kpadaMu dari kejelekan apa yang ada di dalamnya dan keja-hatan sesudahnya.”
90- ÃóÕúÈóÍúäóÇ Úóáóì ÝöØúÑóÉö ÇúáÅöÓúáÇóãö æóÚóáóì ßóáöãóÉö ÇúáÅöÎúáÇóÕö¡ æóÚóáóì Ïöíúäö äóÈöíøöäóÇ ãõÍóãøóÏò Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó¡ æóÚóáóì ãöáøóÉö ÃóÈöíúäóÇ ÅöÈúÑóÇåöíúãó¡ ÍóäöíúÝðÇ ãõÓúáöãðÇ æóãóÇ ßóÇäó ãöäó ÇáúãõÔúÑößöíúäó.
90. “Di waktu pagi kami memegang agama Islam, kalimat ikhlas, agama Nabi kita Muhammad n, dan agama ayah kami Ibrahim, yang berdiri di atas jalan yang lurus, muslim dan tidak tergolong orang-orang musyrik.”
91- ÓõÈúÍóÇäó Çááåö æóÈöÍóãúÏöåö. (100×)
91. “Maha Suci Allah, aku memujiNya.” (Dibaca seratus kali).
92- áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó Çááåõ æóÍúÏóåõ áÇó ÔóÑöíúßó áóåõ¡ áóåõ Çáúãõáúßõ æóáóåõ ÇáúÍóãúÏõ æóåõæó Úóáóì ßõáøö ÔóíúÁò ÞóÏöíúÑõ. (10× Ãæ 1× ÚäÏ ÇáßÓá)
92. “Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu.” (Dibaca sepuluh kali, atau cukup sekali dalam keadaan malas).
93- áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó Çááåõ æóÍúÏóåõ áÇó ÔóÑöíúßó áóåõ¡ áóåõ Çáúãõáúßõ æóáóåõ ÇáúÍóãúÏõ æóåõæó Úóáóì ßõáøö ÔóíúÁò ÞóÏöíúÑõ. (100× ÅÐÇ ÃÕÈÍ)
93. “Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu.” (Dibaca seratus kali setiap pagi hari).
94- ÓõÈúÍóÇäó Çááåö æóÈöÍóãúÏöåö: ÚóÏóÏó ÎóáúÞöåö¡ æóÑöÖóÇ äóÝúÓöåö¡ æóÒöäóÉó ÚóÑúÔöåö æóãöÏóÇÏó ßóáöãóÇÊöåö. (3× ÅÐÇ ÃÕÈÍ)
94. “Maha Suci Allah, aku memujiNya sebanyak makhlukNya, sejauh kerela-anNya, seberat timbangan arasyNya dan sebanyak tinta tulisan kalimatNya.” (Dibaca tiga kali setiap pagi hari).
95- Çóááøóåõãøó Åöäøöíú ÃóÓúÃóáõßó ÚöáúãðÇ äóÇÝöÚðÇ¡ æóÑöÒúÞðÇ ØóíøöÈðÇ¡ æóÚóãóáÇð ãõÊóÞóÈøóáÇð. (ÅÐÇ ÃÕÈÍ)
95. Ya Allah, sungguh aku memohon kepadaMu ilmu yang manfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima. (Dibaca pagi hari).
96- ÃóÓúÊóÛúÝöÑõ Çááåó æóÃóÊõæúÈõ Åöáóíúåö. (100× Ýí Çáíæã)
96. Aku memohon ampun kepada Allah dan bertobat kepadaNya. (Dibaca 100 kali dalam sehari).
97- ÃóÚõæúÐõ ÈößóáöãóÇÊö Çááåö ÇáÊøóÇãøóÇÊö ãöäú ÔóÑøö ãóÇ ÎóáóÞó. (3× ÅÐÇ ÃãÓì)
97. Aku berlindung dengan kalimat-kali-mat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakanNya. (Dibaca 3 kali pada sore hari).
98- Çóááøóåõãøó Õóáøö æóÓóáøöãú Úóáóì äóÈöíøöäóÇ ãõÍóãøóÏò. (10×)
98. Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi kami Muhammad. (Dibaca 10 kali).
28- BACAAN SEBELUM TIDUR
99. Mengumpulkan dua tapak tangan. Lalu ditiup dan dibacakan Qul huwal-lahu ahad, Qul a’uudzu birabbil falaqi dan Qul a’uudzu birabbin naas. Ke-mudian dengan dua tapak tangan mengusap tubuh yang dapat dijangkau dengannya. Dimulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan tiga kali.
101. Rasul telah beriman kepada Al-Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman ke-pada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan):”Kami tidak membeda-bedakan antara seorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan:”Kami dengar dan kami ta’at”. (Mereka berdoa):”Ampunilah kami ya Rabb kami dan kepada Eng-kaulah tempat kembali”. Allah tidak membebani seseorang melainkan sesu-ai dengan kesanggupannya. Ia menda-pat pahala (dari kebajikan) yang diusa-hakannya dan mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa):”Ya Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Rabb kami, jangan-lah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Rabb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.
102- ÈöÇÓúãößó ÑóÈøöíú æóÖóÚúÊõ ÌóäúÈöíú¡ æóÈößó ÃóÑúÝóÚõåõ¡ ÝóÅöäú ÃóãúÓóßúÊó äóÝúÓöíú ÝóÇÑúÍóãúåóÇ¡ æóÅöäú ÃóÑúÓóáúÊóåóÇ ÝóÇÍúÝóÙúåóÇ ÈöãóÇ ÊóÍúÝóÙõ Èöåö ÚöÈóÇÏóßó ÇáÕøóÇáöÍöíúäó.
102. “Dengan nama Engkau, wahai Tuhanku, aku meletakkan lambungku. Dan dengan namaMu pula aku bangun daripadanya. Apabila Engkau menahan rohku (mati), maka berilah rahmat pa-danya. Tapi, apabila Engkau melepas-kannya, maka peliharalah, sebagaima-na Engkau memelihara hamba-ham-baMu yang shalih.”
103- Çóááøóåõãøó Åöäøóßó ÎóáóÞúÊó äóÝúÓöíú æóÃóäúÊó ÊóæóÝøóÇåóÇ¡ áóßó ãóãóÇÊõåóÇ æóãóÍúíóÇåóÇ¡ Åöäú ÃóÍúíóíúÊóåóÇ ÝóÇÍúÝóÙúåóÇ¡ æóÅöäú ÃóãóÊøóåóÇ ÝóÇÛúÝöÑú áóåóÇ. Çóááøóåõãøó Åöäøöíú ÃóÓúÃóáõßó ÇáúÚóÇÝöíóÉó.
103. “Ya Allah! Sesungguhnya Engkau menciptakan diriku, dan Engkaulah yang akan mematikannya. Mati dan hidupnya hanya milikMu. Apabila Engkau meng-hidupkannya, maka peliharalah. Apabila Engkau mematikannya, maka ampuni-lah. Ya Allah! Sesungguhnya aku me-mohon kepadaMu keselamatan.”
104- Çóááøóåõãøó Þöäöíú ÚóÐóÇÈóßó íóæúãó ÊóÈúÚóËõ ÚöÈóÇÏóßó. (3×)
104. “Ya Allah! Jauhkanlah aku dari siksaanMu pada hari Engkau mem-bangkitkan hamba-hambaMu.” (Dibaca tiga kali).
105- ÈöÇÓúãößó Çááøóåõãøó ÃóãõæúÊõ æóÃóÍúíóÇ.
105. “Dengan namaMu, ya Allah! Aku mati dan hidup.”
106- ÓõÈúÍóÇäó Çááåö (33×) æóÇáúÍóãúÏõ áöáøóåö (33×) æóÇááåõ ÃóßúÈóÑõ (33×).
“Maha Suci Allah (33 x), Segala puji bagi Allah (33 x), Allah Maha Besar (33 x).”
107- Çóááøóåõãøó ÑóÈøó ÇáÓøóãóÇæóÇÊö ÇáÓøóÈúÚö æóÑóÈøó ÇáúÚóÑúÔö ÇáúÚóÙöíúãö¡ ÑóÈøóäóÇ æóÑóÈøó ßõáøö ÔóíúÁò¡ ÝóÇáöÞó ÇáúÍóÈøö æóÇáäøóæóì¡ æóãõäúÒöáó ÇáÊøóæúÑóÇÉö æóÇúáÅöäúÌöíúáö æóÇáúÝõÑúÞóÇäö¡ ÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäú ÔóÑøö ßõáøö ÔóíúÁò ÃóäúÊó ÂÎöÐñ ÈöäóÇÕöíóÊöåö. Çóááøóåõãøó ÃóäúÊó ÇúáÃóæøóáõ ÝóáóíúÓó ÞóÈúáóßó ÔóíúÁñ¡ æóÃóäúÊó ÇúáÂÎöÑõ ÝóáóíúÓó ÈóÚúÏóßó ÔóíúÁñ¡ æóÃóäúÊó ÇáÙøóÇåöÑõ ÝóáóíúÓó ÝóæúÞóßó ÔóíúÁñ¡ æóÃóäúÊó ÇáúÈóÇØöäõ ÝóáóíúÓó Ïõæúäóßó ÔóíúÁñ¡ ÇÞúÖö ÚóäøóÇ ÇáÏøóíúäó æóÃóÛúäöäóÇ ãöäó ÇáúÝóÞúÑö.
107. “Ya Allah, Tuhan yang menguasai langit yang tujuh, Tuhan yang mengua-sai arasy yang agung, Tuhan kami dan Tuhan segala sesuatu. Tuhan yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Tuhan yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an). Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau meme-gang ubun-ubunnya. Ya Allah, Engkau-lah yang pertama, sebelumMu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang Zhahir, tidak ada sesuatu di atasMu, Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang menghalangiMu, lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan hingga terlepas dari kefa-kiran.”
108- ÇáúÍóãúÏõ áöáøóåö ÇáøóÐöíú ÃóØúÚóãóäóÇ æóÓóÞóÇäóÇ æóßóÝóÇäóÇ æóÂæóÇäóÇ¡ Ýóßóãú ãöãøóäú áÇó ßóÇÝöíó áóåõ æóáÇó ãõÄúæöíó.
108. “Segala puji bagi Allah yang memberi makan kami, memberi minum kami, mencukupi kami, dan memberi tempat berteduh. Berapa banyak orang yang tidak mendapatkan siapa yang memberi kecukupan dan tempat ber-teduh.”
109- Çóááøóåõãøó ÚóÇáöãó ÇáúÛóíúÈö æóÇáÔøóåóÇÏóÉö ÝóÇØöÑó ÇáÓøóãóÇæóÇÊö æóÇúáÃóÑúÖö¡ ÑóÈøó ßõáøö ÔóíúÁò æóãóáöíúßóåõ¡ ÃóÔúåóÏõ Ãóäú áÇó ÅöáóÜåó ÅöáÇøó ÃóäúÊó¡ ÃóÚõæúÐõ Èößó ãöäú ÔóÑøö äóÝúÓöíú¡ æóãöäú ÔóÑøö ÇáÔøóíúØóÇäö æóÔöÑúßöåö¡ æóÃóäú ÃóÞúÊóÑöÝó Úóáóì äóÝúÓöíú ÓõæúÁðÇ Ãóæú ÃóÌõÑøõåõ Åöáóì ãõÓúáöãò.
109. Ya Allah, Tuhan yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Tuhan pencipta langit dan bumi, Tuhan yang menguasai segala sesuatu dan yang merajainya. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan diriku, kejahatan setan dan balatentaranya, atau aku berbuat keje-lekan pada diriku atau aku mendorong-nya kepada seorang Muslim.”
110. Membaca Alif lam mim tanzil As-Sajdah dan Tabaarakal ladzii biyadihil mulku.
111- Çóááøóåõãøó ÃóÓúáóãúÊõ äóÝúÓöíú Åöáóíúßó¡ æóÝóæøóÖúÊõ ÃóãúÑöíú Åöáóíúßó¡ æóæóÌøóåúÊõ æóÌúåöíó Åöáóíúßó¡ æóÃóáúÌóÃúÊõ ÙóåúÑöíú Åöáóíúßó¡ ÑóÛúÈóÉð æóÑóåúÈóÉð Åöáóíúßó¡ áÇó ãóáúÌóÃó æóáÇó ãóäúÌóÇ ãöäúßó ÅöáÇøó Åöáóíúßó¡ ÂãóäúÊõ ÈößöÊóÇÈößó ÇáøóÐöíú ÃóäúÒóáúÊó æóÈöäóÈöíøößó ÇáøóÐöíú ÃóÑúÓóáúÊó.
111. “Ya Allah, aku menyerahkan diri-ku kepadaMu, aku menyerahkan urus-anku kepadaMu, aku menghadapkan wajahku kepadaMu, aku menyandarkan punggungku kepadaMu, karena senang (mendapatkan rahmatMu) dan takut pada (siksaanMu, bila melakukan kesa-lahan). Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dari (ancaman)Mu, kecuali kepadaMu. Aku beriman pada kitab yang telah Engkau turunkan, dan (kebenaran) NabiMu yang telah Engkau utus.” Apabila Engkau meninggal dunia (di waktu tidur), maka kamu akan me-ninggal dunia dengan memegang fitrah (agama Islam).
(Bersambung ke Vol III)
(Dikutip dari terjemah Kitab Hisnul Muslim, karya Sa’id Wahf al Qahthani – Edisi Indonesia Kumpulan Doa dari Al Quran dan Hadits)